3 Rahasia Besar Persiapan Wawancara Kerja

Persiapan wawancara kerja tidak boleh di anggap mudah apalagi di anggap spele. Jika anda ingin bekerja diperusahaan idaman, anda harus mempersiapkan ini secara cermat dan matang, karena tahapan ini adalah tahapan yang paling penting bagi nasib anda kedepanya supaya anda dapat menuju ke proses rekruitment karyawan selanjutnya.

Dalam hal ini, jangan sampai anda melakukan kesalahan sedikitpun, karena satu kesalahan kecil saja yang anda lakukan akan mengakibatkan kegagalan dan dapat menghancurkan kesempatan anda dalam mendapatkan pekerjaan yang selama ini anda idam idamkan. Untuk itu, akan saya ulas secara terperinci dan lebih mendalam lagi tentang strategi dan persiapan menghadapi wawancara kerja agar anda bisa sukses dalam tahapan ini. Berikut adalah 3 tahapan persiapan sebelum anda melakukan interview.

Persiapan Wawancara Kerja

Persiapan Menghadapi Wawancara Kerja


1. Cari Tahu Profil Perusahan, Wajib hukumnya!

Dalam tahap awal ini, anda harus serius dan teliti dalam mencari informasi tentang perusahaan yang anda maksud. Hal penting yang harus diperhatikan adalah, catat semua yang berhubungan dengan informasi mengenai perusahan sedetail mungkin dan sebisa mungkin anda harus memikirkan tentang pandangan pribadi anda mengenai perusahaan idaman anda.

Kenapa saya berkata demikian? tujuannya adalah supaya anda tidak bingung dan kehilangan arah saat wawancara kerja berlangsung.
4 Point Penting
1. Cari informasi tentang seluk beluk perusahaan
2. Cari Informasi Sisitem kerja perusahaan
3. Cari Infrmasi kelebihan perusahaan
4. Uraikan tanggapan pribadi anda tentang perusahaan
2. Sesuaikan Busana

Tahap kedua ini juga tidak kalah penting, hal ini juga merupakan faktor yang harus diperhatikan. Sebaiknya saat pemberitahuan panggilan lewat telfon anda harus menanyakan hal ini karena membantu mengurangi risiko salah kostum, karena setiap perusahaan berbeda dalam hal pakaian kerja ini.

Contohnya diperusahaan Bank misalnya, pasti anda akan dituntut memakai pakaian yang lebih rapih dan formal daripada perusahaan seperti advertising atau kantor penerbitan majalah remaja, karena di perusahaan seperti itu bisa memakai pakaian lebih fleksibel dan tidak terlalu formal.

3 Point Penting
1. Tanyakan Pakaian apa yang harus anda pakai
2. Tanyakan waktu dan tempat
3. Tanyakan Peralatan apa saja yang harus disiapakan

3. Improvisasi dalam menjawab pertanyaan wawancara kerja

Jawaban anda jangan hanya terpaku pada pertanyaan yang dilontarkan oleh pewawancara, berincanglah secara profesional dan ungkapkan dengan tegas. Namun jika ada kesempatan untuk menyampaikan ide, anda harus sudah siap dengan hal ide kreatif  untuk perusahaan jika anda diterima kerja nantinya.

Deskripsikan diri anda dengan jujur sesuai dengan personality diri anda karena interview adalah sesuatu hal yang di lakukan untuk menentukan bahwa seseorang ini memang personalitynya sesuai dengan hasil test (tertulis, psikotest). Sehingga nanti pihak perusahaan bisa menempatkan Anda untuk posisi yang tepat dalam perusahaan.

Salah satu point penting pada tahap keitga ini adalah, Anda juga jangan beri jawaban yang terlalu melebar dari pertanyaan, karena hanya akan membuat Anda terdengar bertele-tele dan membuat perekrut bosan.

4 Point Penting
1. Jawab dengan lugas dan jangan bertele tele
2. Jadilah diri sendiri
3. Uraikan ide brilian anda untuk perusahaan
4. Berbincanglah dengan profesional

Bagaimana, Anda sudah siap? Lakukan mulai dari sekarang rencanakan dengan seksama dan teliti langkah dan persiapan menghadapi wawancara kerja diatas, kejar impianmu untuk dapat bekerja diperusahaan yang anda idam - idamkan.
Title: 3 Rahasia Besar Persiapan Wawancara Kerja; Written by Binahong Cream; Rating: 5 dari 5