Tips Wawancara Kerja, Pelamar Kerja Wajib Baca!

Apakah anda sudah siap membaca artikel ini, perhatikan dengan seksama point - point penting yang ada di artikel tips wawancara kerja ini, Kenapa saya berkata demikian? karena tahapan ini adalah tahapan yang akan menentukan anda bisa lanjut ke proses selanjutnya atau tidak, itu semua tergantung dari Anda, Ingat! ini penting bagi kesuksesan karir Anda.

Tahapan wawancara ini memang bukan segalanya untuk mendapatkan pekerjaan, faktor keberuntungan juga berperan penting untuk hal ini. Namun setidaknya anda sudah mempunyai gambaran dan rencana apa saja yang harus anda lakukan untuk berjuang dan berusaha dalam mendapatkan pekerjaan inpian anda. Berikut adalah Tips Wawancara Kerja yang baik dan benar.

Tips Wawancara Kerja

 7 Tips Kiat Sukses Wawancara Kerja


1. First Impresion / Kesan Pertama
Kesan pertama yang baik akan menentukan segalanya, jika kesan pewawancara terhadap anda sudah buruk pada tahapan ini, anda jangan banyak berharap bisa lolos ke tahap berikutnya.

Point Penting
  • Jaga atitude dan Bersikap Sopan
  • Tunjukan kepercayaan diri anda (jangan over)
  • Bangun suasana percakapan yang nyaman dan santai tapi serius
  • Ceritakan kelebihan dan kemampuan anda
  • Bersiaplah untuk ungkapkan kelemahan anda
  • Jujur dan bicara apa adanya dan jangan berlebihan tentang diri anda

2. Tunjukan Komitmen anda untuk perusahaan
Perihal ini adalah bisa jadi sangat krusial jika anda tidak waspada, Perusahaan tentunya ingin pekerja yang bisa menunjukkan komitmen, karena itu jelaskan bagaimana Anda bisa dipercaya untuk menjaga komitmen seandainya diterima bekerja.

3. Bersikap Profesional
Terkadang pada saat wawancara dilakukan, adakalanya pewawancara bertanya ke hal yang lebih personal, terutama ketika pewawancara menanyakan tentang latar belakang diri Anda. Fokuskan saja pada pendidikan dan pengalaman kerja, tidak perlu bercerita tentang hubungan percintaan dan konflik Anda.

4. Hati - hati dengan Bahasa Tubuh Anda
Hal ini mungkin terdenger spele, tapi faktanya memang terkadang pewawancara yang perfeksionis akan memperhatikan hal ini. Jadi, akan sangat penting jika anda bisa mengontrol bahasa tubuh anda

Point Penting
  • Anda harus duduk dengan posisi senyaman mungkin
  • Gerakan tangan senormal mugkin
  • Hindari kebiasaan buruk anda, Contoh : Mengigit kuku, menggoyangkan kaki atau memainkan rambut
5. Murah senyum
Tunjukkan sikap tidak bersahabat saat wawancara berlangsung. Bersikaplah ramah dan murah senyum, karena ini akan menjadi nilai tambah Anda di mata pewawancara. tapi ingat jangan sok akrab dengan pewawancara, lakukan sekedarnya saja.

6. Jangan berbohong
Hati - hati dengan mulut anda, karena bisa saja menjadi ancaman untuk anda sendiri. Jika wawancara membicarakan sebuah topik yang tidak Anda pahami, akui saja dan jangan bersikap sok tahu. Tunjukkan juga bahwa Anda tertarik untuk mengetahui topik itu lebih jauh.

7. Hindari bicara yang berlebihan
Banyak yang terjebak pada kasus ini karena sangat mudah untuk jatuh ke dalam perangkap berbicara terlalu banyak pada saat wawancara. Kadang-kadang pertanyaan hanya membutuhkan respon singkat. tapi calon karyawan menjawab terlalu banyak padahal tidak diperlukan.

Kesombongan adalah sikap yang akan menghancurkan anda. Pergilah ke tempat wawancara dengan kerendahan hati dan serahkan semua kepada tuhan, setidaknya anda sudah berusaha semaksimal mungkin.Jika Anda ditolak ambil keuntungan dari pengalaman yang didapat dan bisa menjadi persiapan buat wawancara kerja berikutnya.

3 HAL YANG HARUS DILAKUKAN SEBELUM WAWANCARA KERJA

Bagaimana membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik - Pada artikel ini menjelaskan bagaimana menulis surat lamaran yang baik dan benar, dalam membuat surat lamaran kerja harus dengan format dan ejaan yang benar supaya terlihat profesional, tahap pertama ini akan menentukan nasib anda selanjutnya, tentunya dengan semua ketentuan yang berlaku dan syarat yang di berikan oleh perusahaan. 

Persiapan Menghadapi Wawancara Kerja - Bab ini berisi tentang apa saja yang harus anda lakukan sbeblum wawancara kerja dimulai, anda harus mempersiapkan semuanya secara terencana agar berjalan dengan baik semua tahapan - tahapanya.

Strategi Menjawab Pertanyan Saat Wawancara Kerja - Pada bahasan ini terdapat pertanyaan apa saja yang sering diajukan pada saat wawancara dan bagaimana strateginya agar anda bisa menjawab dengan tepat dan dapat menarik simpatik pewawancara.

Semoga tips wawancara kerja ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk anda, berjuanglah terus untuk mendapatkan pekerjaan impian anda, Semoga Sukses.
Title: Tips Wawancara Kerja, Pelamar Kerja Wajib Baca!; Written by Binahong Cream; Rating: 5 dari 5