Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja dan Strategi Menjawabnya

Contoh pertanyaan wawancara kerja ini bisa menjadi masukan anda dalam menghadapi interview yang akan anda lakukan. Saat ini untuk mendapatkan pekerjaan memang tidak mudah bagi sebgaian orang, tapi pada sebagian lainnya seolah mencari pekerjaan itu semudah membalikan telapak tangan. Banyak yang gagal dalam tahap awal seleksi pekerjaan, banyak faktor yang mempengaruhi penilaian dari pewawancara, entah itu tidak bisa menjawab pertanyaan atau karena kurangnya persiapan.

Wawancara itu sendiri berarti, percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi di mana sang pewawancara melontarkan pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab oleh orang yang diwawancarai. Kalimat ini saya kutip dari wikipedia. 

Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja

Dalam tahapan wawancara ini berguna bagi pihak perusahaan untuk mencari tahu tentang kepribadian seseorang ataupun mencari informasi tentang calon karyawan nya agar sesuai sasaran untuk menempati posisi jabatan yang sudah ditawarkan oleh pihak perusahaan. Untuk itu, saya akan berikan beberapa contoh pertanyaan wawancara kerja sebagai bahan dan referensi menjawab pertanyaan wawancara kerja.

5 Pertanyaan Wawancara Kerja yang Sering Di Tanyakan


1. Deskripsikan dan ceritakan tentang diri anda
Maksud dari Pertanyaan ini biasanya, pewawancara ingin mengetahui personality dari diri anda, kemampuan apa saja yang anda miliki, apa kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri anda dan bagaimana tanggung jawab anda terhadap pekerjaan.

2. Kenapa Anda ingin bergabung dengan perusahaan ini?
Anda harus jeli terhadap pertanyaan ini, terkadang bisa menjebak, mungkin  pihak perusahaan ingin mengetahui sejauh mana anda tahu tentang perusahaan tersebut. untuk itu anda wajib baca Strategi Persiapan Wawancara Kerja pada artikel sebelumnya di blog ini agar bisa menjawab pertanyaan ini.

3. Berapa lama anda akan bergabung di perusahaan ini?
Memang sedikit sulit untuk menjawab pertanyaan ini, karena kita belum begitu tahu kondisi sebenarnya pada perusahaan ini. Mungkin dengan jawaban "saya ingin bergabung dan membangun bersama kesuksesan perusahaan ini selamanya, melakukan yang terbaik untuk saat ini, karena hari kita adalah hari ini lakukan yang terbaik yang kita bisa sekarang". Bisa membuat pewawancara semakin tertarik kepada anda untuk menempati posisi yang ditawarkan.

4. Berapa gaji yang anda harapkan?
Pertanyaan ini yang sering di ajukan dari pewawancara, terkadang kita juga kebingungan dalam menjawab hal ini. Alangkah baiknya tanyakan hal detail tentang pekerjaan yang nantinya anda kerjakan jika anda diterima nanti, mungkin itu bisa menjadi patokan anda dalam menjawab pertanyaan ini.

5. Apakan anda dapat bekerja dengan Team?
Jawaban "IYA" adalah jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan ini, sebisa mungkin Anda sampaikan alasanya secara lugas tan tepat untuk menarik simpatik pewawancara.

Sukses atau tidaknya wawancara kerja, akan sangat ditentukan oleh sikap dan penampilan anda, Berikan sikap yang baik agar mengundang simpatik dan akan membuat suasana wawancara akan berlangsung akrab dankomunikatif. Wawancara yang komunikatif dan hidup ikut ditentukan oleh penguasaan permasalahan dan informasi seputar materi topik pembicaraan.

Semoga contoh pertanyaan wawancara kerja diatas bermanfaat untuk anda, namun contoh diatas bukan hal baku, setidaknya anda sudah mempunyai gambaran bagaimana dan apa pertanyaan yang kan dilontarkan pewawancara.
Title: Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja dan Strategi Menjawabnya; Written by Binahong Cream; Rating: 5 dari 5